Yeeaahh…!! My Dream Came True…!

Berawal dari blogging, dilirik editor majalah, jadi kontributor kemudian mampu menghasilkan tambahan pemasukan, who knows?!

Yah, masih lekat di benak saya kutipan salah satu artikel yang pernah saya tulis di blog ini. Bagaimana saya mulai mencintai blogging serta memendam keinginan agar suatu saat tulisan yang ada di blog ini bisa nongol di sebuah majalah dan melihat nama saya berada di bawahnya. Hemm… Saya yakin saat menulis itu, bahwa saya pasti bisa, entah kapan dan di majalah apa. Semuanya hanya menunggu waktu.

Sriwijaya 3

Saya mau mereview singkat terlebih dahulu mengenai apa saja yang sudah saya alami di tahun 2012, khususnya di dunia tulis menulis dan blogging. Bukan untuk menyombongkan diri, namun untuk memotivasi, setidaknya untuk diri saya sendiri.

Well, di pertengahan tahun, saya kembali mencicipi hadiah fresh money dari Adira Faces of Indonesia, sebuah portal blog Adira Finance yang kontennya mengenai pariwisata Indonesia. Tulisan saya tentang wisata di Jogja dan Sulawesi Selatan berhasil nongol di daftar pemenang. Setelahnya, tulisan lainnya tentang suka duka backpacking berhasil lolos semacam audisi sebuah buku yang akan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (tapi sampai artikel ini dibuat, belum terbit juga…).

Di bulan Nopember, saya terpilih menjadi salah satu diantara 10 blogger yang diajak berkeliling Gunungkidul oleh Sari Husada, menjadi Penjelajah Gizi. Mungkin inilah pencapaian tertinggi di tahun 2012. Ngetrip dengan akomodasi gratis (pesawat, hotel berbintang, diajak kulineran pulak). Siapa sangka, dua buah artikel wajib yang diminta panitia setelah kegiatanpun berhasil masuk menjadi 5 artikel terbaik pilihan juri dan akhirnya salah satunya berhasil menjadi juara kedua! Well, uang tabungan sayapun bertambah, mayan dua juta meennn…! Hahaha… Nah, di penghujung tahun 2012 pun ditutup manis oleh sebuah mention dari om @wordstraveler. Begini ceritanya…

Sriwijaya 2

Siang itu, ketika asyik berkutat dengan laporan di kantor, nada hape Samsul saya berdering menandakan adanya notifikasi sebuat tweet. Begitu dibuka, “Om mohon cek DM yaw”. Tentu saja sedikit shock karena jarang-jarang seorang @wordstraveler mengirim saya DM, lol. Langsung saja saya membuka DM twitter dan terdapat pesan, “Om minta no hp or alamat imel dong. Ada tawaran nulis di majalah buatmu.Dieeennnggg!! *backsound petir* Sempat tertegun beberapa saat membaca DM itu, “Hah, gak salah nih?! Ngimpi apa saya semalem?!”. Hemmm, mendadak gak konsen kerja dan berlanjut chating di Whatssapp, hahaha…

Menurut pembicara ketika saya mengikuti travel writing workshop Hifatlobrain ini, editor in chief Sriwijaya In-Flight Magazine sempet nyasar ke blog saya dan tertarik dengan dua artikel di sini. Well, jangan tanya perasaan saya waktu itu. You know lah, ini adalah salah satu impian saya ketika mulai mencintai dunia travel blog. Segala yang pertama pasti bikin antusias, bener?! :D

Balas-balasan imel dengan pihak majalahpun berlangsung. Jujur, saya gak peduli bakal “dibarter” apa dua buah artikel saya yang diminta. Saya gak nyebut nominal sama sekali dalam setiap balasan imel. Yang saya pikirkan saat itu adalah ini kesempatan besar, bisa membuka pintu lebih lebar untuk menjadi seorang kontributor majalah. Dibayar duit Puji Tuhan, dikasih merchandise pun bakal saya terima dengan senang hati.

Dan akhirnya, di awal Januari 2013 lalu, saya mendapat imel kembali yang memberitahukan bahwa artikel saya sudah terbit di Sriwijaya In-Flight Magazine edisi Januari 2013. Puji Tuhaaannn…!! Akhirnya keyakinan saya terkabulkan…! Persis dengan apa yang pernah saya tulis yes?! Berawal dari blogging –> dilirik editor majalah –> jadi kontributor.

Sriwijaya 1

Bisa dibilang sedikit berbangga juga karena saya berhasil memberikan “kejutan” bagi beberapa pihak yang sebelumnya hanya menganggap remeh hobi gak penting ini. Bagi mereka, menulis catatan perjalanan, reviewan kuliner geje ataupun nyampah di jejaring sosial pribadi tentang blog ini adalah tindakan gak penting. Jiaaahhh… jadi curcol nih! Hahaha… Tapi yang pasti, saya sangat menikmati hobi saya ini. Gak peduli apapun yang mereka bilang tentang hobi geje ini. Quote dari om @wordstraveler yang juga sebagai penulis buku “Travel Writer” ini mungkin bisa menjadi salah satu motivasi, “Success is the good revenge!”.

Nah, buat kalian yang mempunyai passion di suatu bidang, tekuni dan jalani segala proses yang ada. Semua kesuksesan hanya menunggu waktu dan jangan pernah berhenti karena omongan negatif dari orang lain. Kemampuan dapet, relasi dapet dan uangpun dapet. Trust me, it works!! :D

 

*Download Majalah Di Sini

Tags:

Author:Andreas Setiawan

Seorang banker yang doyan makan, hobi ngayap dan bengong-bengong bego menikmati sunset.

6 Responses to “Yeeaahh…!! My Dream Came True…!”

  1. Januari 16, 2013 at 11:14 PM #

    #BlogWalking

    Suka blog nya, bersih, jelas dan informatif :-)
    Teruskan berkarya yah…

    • Januari 17, 2013 at 11:55 AM #

      terima kasih sudah berkunjung mbak.. :) *brb segera blogwalking :D

  2. Februari 1, 2013 at 6:32 PM #

    tulisan blogmu memang bagus, Ndre. tertata bahasanya. sayang, di Twitter bahasamu kurang tertata #digeplak

    Eh, tapi ini bener, lho. Tulisan blogmu, aku suka.

    Selamat ya, Ndre. Terus menulis :)

    • Februari 4, 2013 at 8:39 AM #

      hugagaga… trima kasih Dit :). Twitter memang jadi sarana hiburan, jadi bahasanya semau-mau gw, lol ;p

  3. Februari 16, 2013 at 11:17 AM #

    Congrats! Teruskan menulis karya berkualiti! :)

Leave a Reply